My BINUS Research Paper (in SITIA 2011 - ISSN 20884796)

Penerapan Metode Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation dalam Mengukur Tingkat Keparahan Penyakit Osteoarthritis

Oleh : 
Dian Pratiwi - Magister Teknik Informatika Universitas Bina Nusantara
Dr. Diaz D Santika - Universitas Bina Nusantara
Bens Pardamean Ph.D - Universitas Bina Nusantara

Abstrak - Pemeriksaan osteoarthritis dalam pemeriksaannya melalui foto rontgen oleh rheumatologi dapat diklasifikasikan kondisinya menjadi empat tingkat keparahan. Makalah ini membahas penerapan metode Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation dalam mengukur tingkat keparahan penyakit tersebut yang sesuai, dimana daerah X-ray yang diamati berkisar antara pergelangan hingga jari-jari tangan. 
Prosedur utama sistem yang ada dalam makalah ini terbagi menjadi tiga, yaitu pengolahan citra, feature extraction, dan proses jaringan syaraf tiruan. Awalnya setiap citra X-ray digital (berukuran 200x150 piksel dan greyscale) akan dilakukan thresholding, kemudian diekstrak fiturnya berdasarkan nilai-nilai probabilistik intensitas warna hasil kuantisasi 7-bit, dan statistik tekstur. Nilai fitur tersebut kemudian dinormalisasi ke interval [0.1, 0.9], lalu dijadikan sebagai input pada proses jaringan syaraf tiruan backpropagation untuk mengetahui tingkat keparahan penyakit dari X-ray yang dimasukkan. 
Dari hasil pengujian dengan nilai learning rate sebesar 0.3, momentum sebesar 0.4, unit hidden sebanyak 5 buah dan vektor fitur sebanyak 132, sistem ini memiliki tingkat akurasi sebesar 100% untuk data learning, 80% untuk data learning dan non-learning, dan 66.6% untuk data non-learning.

Kata Kunci : osteoarthritis, backpropagation, feature extraction, normalisasi, kuantisasi

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment

UNIVERSITAS TRISAKTI - Takwa Tekun Terampil - Asah Asih Asuh - Setia Satria Sportif

Total Pageviews